Agar Proses Pembelajaran Dapat Mencapai Hasil Optimal

Agar Proses Pembelajaran Dapat Mencapai Hasil Optimal. Kegiatan belajar mengajar atau yang dewasa ini disebut dengan proses pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan kualitas perseta didik baik dalam ranah kognitif, afektif, mapun psikomotorik. Agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik dan bisa mencapai hasil optimal maka perlu dilakukan langkah strategis sebagai berikut:

Agar Proses Pembelajaran Dapat Mencapai Hasil Optimal

1. Awali proses pembelajaran dengan membangun komitmen bersama (kontrak belajar).
2. Kembangkan persepsi yang benar mengenai materi yang dikaji (concept map).
3. Lakukan on the spot assessment, yang mencakup pelajari perilaku, sikap, pengetahuan, dan   pengalaman perserta didik.
4. Lakukan immediate learning involvement: menciptakan perhatian dan minat awal pada mata pelajaran , pokok bahasan, atau materi yang dikaji.
5. Lakukan team building untuk membantu para peserta didik menjadi lebih terbiasa satu sama lain sekaligus menciptakan semangat kerjasama dan interdependensi (reciprocity). Reciprocity merupakan suatu kebutuhan manusia yang dalam untuk merespon orang lain dan secara bersama-sama dengan mereka terlibat dalam mencapai tujuan. Reciprocity juga merupakan sumber motivasi yang memperlancar mengalirnya stimulasi untuk belajar.
6. Kembangkan situasi pembangkit motivasi.
Dengan pemerapan keenam langkah strategis diatas, diharapkan proses pembelajaran akan berjalan dengan baik sehingga hasil atau tujuan yang dikehendaki dapat dicapai secara optimal.

Demikian artikel mengenai Agar Proses Pembelajaran Dapat Mencapai Hasil Optimal semoga dapat bermananfaat khsusnya untuk para pendidik dan calon pendidik.

Sumber Rujukan: Modul PLPG Paedagogik Bidang Studi PKn dan IPS.