Cara Pindah dari WordPress ke Blogger

Cara Pindah dari WordPress ke Blogger. Jika sebelumnya saya pernah membuat postingan yang berisi tutorial tentang bagaimana memindahkan blog di blogger ke wordpress, kali ini saya ingin berbagi tutorial kebalikannya, yaitu Cara Pindah dari WordPress ke Blogger.

Sesungguhnya untuk cara memindahkan blog di WordPress ke Blogger sangatlah mudah. Hanya saja yang menjadi masalah adalah kita tidak dapat mengatur permalink yang ada di blogger. Jika kita memindahkan blog di wordpress ke blogger maka otomatis semua URL postingan akan berubah dan hasilnya... visitor hilang.. backlink hilang.. jadi hampir sama seperti membangun blog baru.

Namun dengan sedikit trik masalah ini bisa sedikit diatasi, meskipun bisa dibilang triknya tidak begitu mudah alias agak sulit. Triknya yaitu dengan memanfaatkan fitur Pengalihan Khusus yang ada di blogger.

Dengan menggunakan fitu pengalihan khusus kita bisa mengalihkan secara permanen URL postingan yang lama ke URL postingan yang baru di Blogger SECARA MANUAL. Yaps!! Secara Manual.. yang artinya jika blog sobat memiliki banyak postingan maka cara ini akan memakan banyak waktu dan tenaga.

Jadi pastikan blog ingin sobat pindahkan tidak memiliki banyak postingan. Setidaknya tidak sampai ratusan atau bahkan ribuan.

Oh ya, sekedar pengingat saja. WordPress yang saya maksud di sini adalah WordPress.org atau WordPress hosting sendiri bukan WordPress gratisan (wordpress.com).

Langsung saja daripada kelamaan cuma bikin bingung.

Langkah Pertama :
Langkah pertama yang perlu sobat lakukan adalah mecatat semua URL postingan dan juga halaman (kalo ada) yang ada di blog wordpress sobat.

Setelah itu tinggal sobat simpan di Spreadsheet atau file .txt juga gak masalah
Cukup catat URL bagian belakangnya saja, nama domain bisa dihilangkan.

Langkah Kedua :
Jika URL sudah dicatan semua, selanjutnya sobat masuk ke dashboard wordpress sobat, klik Tools > Export

Setelah itu klik tombol Download Export File.

Langkah Ketiga :
Berikutnya masuk ke http://wordpress2blogger.appspot.com/ upload file hasil Export tadi dan klik Convert

Nah sekarang kita sudah mempunyai file yang siap kita import ke blogger.

Setelah ini apa lagi ya sob?

Langkah Keempat :
Setelah ini silakan sobat buat blog baru di blogger. Jika sudah masuk ke Setelan > Lainnya dan klik impor blog

Upload file hasil Convert pada langkah ketiga di atas, masukan captcha dan klik Impor Blog

Pada langkah ini semua postingan dan juga halaman di blog WordPress sobat sudah berhasil dipindahkan ke blog blogger.

Langkah Kelima :
Langkah selanjutnya sudah pasti mengarahkan domain sobat ke blog baru yang sudah sobat buat di blogger. Untuk tutorialnya sendiri bisa sobat googling, soalnya kalo saya tulis disini nanti postingannya jadi panjang banget kayak kereta. xixixi.

Langkah Keenam :
Pada langkah ini saya anggap domain sobat sudah berhasil diarahkan ke blog baru di blogger. Langkah berikutnya hampir sama seperti langkah pertama, yaitu catat semua URL postingan dan juga halaman yang ada di blog baru sobat.

Langkah Ketujuh atau Terakhir :
Nah sekarang watunya kita melakukan pengalihan secara manual URL versi lama ke URL veris baru. Caranya masuk dashboard blogger sobat, klik Setelan > Preferensi penelusuran > klik edit pada bagian Pengalihan khusus

Jika sudah, silakan perhatikan gambar di bawah ini :

Angka 1 : Isi dengan URL lama
Angka 2 : Isi dengan URL baru
Angka 3 : Centang agar URL dialihkan secara permanen

Nah lakukanlah pengalihan ini pada semua postingan dan juga halaman di blog sobat. Jangan lupa klik Simpan perubahan.

Selesai.....

Saya tahu cara ini adalah cara paling tidak efisien dan membuang waktu karena harus melakukan pengalihan secara manual. Tapi beginilah pengalaman saya kemarin saat memindahkan blog WordPress ke Blogger.

Sumber: mas-sugeng.com